Categories
Pendidikan

Seni Beladiri Pencak Silat

Seni Beladiri Pencak Silat

Jika kita bicara mengenai Seni Beladiri Pencak Silat, kami yakin bahwa Anda pasti sudah mengerti akan kemana arah pembahasan kita dalam jumpa baca kali ini. Seperti kita ketahui bersama bahwa Pencak Silat merupakan Seni Beladiri tertua dari Nusantara Indonesia. Beladiri ini jauh sudah dikenal sebelum adanya jenis Beladiri yang lain seperti Karate dan Taekwondo. Keunikan dari Pencak Silat sendiri ialah pada gerakannya yang hampir mirip dengan menari, namun dalam Pencak Silat yang menjadi Pondasi dasar adalah Kuda Kuda yang kokoh juga pernafasan yang teratur untuk mendapatkan gerakan yang benar benar baik.

Pencak Silat juga sudah termasuk kedalam salah satu cabang Olah Raga yang dipertandingkan diseluruh Dunia. Berbagai event perlombaan yang sering digelar untuk pertandingan Pencak Silat baik itu Nasional Maupun Internasional. Peminat Pencak Silat juga bukan hanya berasal dari kalangan orang orang Asia Tenggara saja, bahkan saat ini Pencak Silat sudah cukup populer di Negara Negara Eropa. Di Indonesia sendiri, Pencak Silat sudah menjadi salah satu cirikhas budaya yang masih sangat lestari. Yang menarik disini, Pencak Silat mempunyai tempat tersendiri dan cirikhas sendiri dari masing masing pulau yang ada.

Seperti misalnya di Pulau Sumatera ( Bandar Lampung ) dikenal dengan “ KERATUAN LAMPUNG “, Sumatera Barat dikenal dengan “ SILEK HARIMAU “, Jawa Barat dikenal dengan “ TTKKDH ( Tjimande Tari Kolot Kebun Djeruk Hilir ), dan masih banyak lagi yang lainnya dengan nama nama yang berbeda. Untuk mempersatukan Pencak Silat itu sendiri, kemudian dibentuklah sebuah wadah yang menjadi induk dari berbagai Pencak Silat yang ada yaitu IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia ), yang kemudian membuat rangkaian jurus jurus yang wajib dipelajari oleh masing masing perguruan yaitu “ JURUS TUNGGAL BAKU “ yang juga dipertandingkan dalam kelas Keseniannya. Untuk lebih jelas mengenai Pencak Silat, silahkan kalian simak dan baca Artikel ini sampai selesai.

Pengertian Atau Makna Dari Pencak Silat

Seni Bela Diri Pencak Silat ini umumnya dikenal oleh masyarakat luas dengan nama “ SILAT “, yang mempunyai arti Ketangkasan Dalam Menyerang dan Menghindar dalam koridor Beladiri atau Olah Raga yang dipertandingkan. Namun versi nama lainnya dari masing masing Negara yang menyebut Pencak Silat dengan nama yang berbeda, seperti misalnya di Filipina disebut dengan Pasilat, kemudian di Thailand disebut dengan Bersilat. Pencak silat sudah sangan terkenal khususnya dikawasan Asia Tenggara, tidak hanya sampai disitu seperti telah kita bahas pada awal paragraf tadi bahwa Pencak Silat juga cukup populer di Negara Negara yang ada di Eropa.

Pencak Silat adalah penggabungan dari dua kata yang juga berbeda artinya namun masih berkaitan, ialah Pencak serta Silat yang memiliki makna masing masing. Pencak yang memiliki arti yaitu dasar beladiri yang kuat dan memiliki aturan yang mengikat. Sedangkan Silat memiliki arti yaitu kesempurnaan dari gerak dan berdasar kerohanian dari beladiri itu sendiri. Seperti namanya Seni Beladiri Pencak Silat, beladiri jenis ini memiliki rangkaian gerakan yang berunsur Seni dan menampilkan keindahan dalam setiap gerakan gerakannya. Secara langsung Pencak Silat telah melestarikan Seni dan Budaya dan ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Pencak Silat Dan Sejarahnya

Pencak Silat memang sudah ada dan lestari dari zaman dahulu pada masa kerajaan hingga saat ini seni beladiri ini masih bertahan dan semakin lestari seeta mengikuti perkembangan zaman. Pencak silat selain dikenal dengan kekentalan budaya juga dipakai untuk mempertahankan diri bagi orang yang mempelajarinya. Jika dilihat dari sejarah perkembangannya Pencak Silat saat ini memang sudah jauh lebih baik dan lebih kekinian apabila dibandingkan dengan zaman dahulu. Seiring dengan kemajuan zaman yang saat ini sudah tidak terbantahkan, Pencak Silat juga dapat menyesuaikan dan semakin diminati oelh berbagai kalangan usia. Dapat dikatakan sejak kemunculannya Pencak Silat telah ada pada empat zaman berbeda, yaitu :

  1. Zaman Kerajaan = yang dahulu pencak silat dipelajari oleh pasukan perang kerajaan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan yang dikenal dengan sebutan ( Eh Hok Hik ) yang memiliki arti “ Maju Selangkah Menyerang “ ( Notosoejitno- 1999 ).
  2. Zaman Penjajahan Belanda = pada masa ini pencak silat menjadi sesuatu kegiatan yang dilarang oleh pemerintah Belanda karena dianggap berbahaya, namun perkembangan pencak silat tidak bisa dibendung meskipun saat itu hanya digunakan untuk pertunjukan saja.
  3. Zaman Penjajahan Jepang = pada zaman ini pencak silat mendapatkan dukungan dari pemerintah jepang guna kepentingan untuk melawan pasukan sekutu. Namun dengan kesadaran masyarakat pribumi berhasil mengembalikan fungsi pencak silat yang sebenarnya.
  4. Zaman Kemerdekaan = dizaman ini pencak silat semakin berkembang pesat, dikenal dengan keorganisasiannya yaitu IPSI dan semakin lestari hingga kemancanegara.

Ragam Tehnik Dari Pencak Silat

  1. Sikap dasar = Diterapkan dengan latihan fisik untuk kekuatan
  2. Sikap Hormat = Merupakan gerakan untuk menghormati lawan atau kawan
  3. Sikap Tegak = Merupakan gerakan yang ada dalam Silat, yaitu sikap tegak 1, 2, 3, 4
  4. Sikap Duduk = Sikap Sila, Duduk, Simpuh, Dan Sempok/ Dempok
  5. Pasang = Sikap Pasang 1, 2, 3, 4
  6. Kuda Kuda = Sebagai pondasi dalam melakukan gerakan gerakan menyerang atau bertahan, yaitu : Kuda Kuda Tegah, Samping, Depan, Belakang, dan Silang.
  7. Gerakan Dan Arah = ada 8 penjuru arah yang digunakan dalan silat yaitu = Arah Belakang, serong kiri belakang, serong kiri depan, samping kiri, depan, serong kanan depan, samping kanan, Dan serong kanan belakang

Tujuan Dari Pencak Silat

Dalam Seni Beladiri Pencak Silat, Terdapat 5 tujuan yang dianggap penting untuk diketahui dan difahami terutama bagi mereka yang mempelajarinya, apasajakah tujuan tersebut? simak ulasannya berikut ini.

  1. Untuk mendukung perkembangan pendidikan Mental serta Spiritual yang mencakup pada =
  • Peningkatan Taqwa kepada Tuhan YME
  • Cipta rasa tenggang rasa
  • Cinta kepada tanah Air
  • Bangun rasa persaudaraan
  • Cipta rasa solideritas

 

  1. Untuk mendukung pengembangan aspek beladiri yang mencakup =
  • Peningkatan keterampilan
  • Meningkatakan sikap cermat dan tanggap
  • Ketangguhan

 

  1. Untuk Mendukung Perkembangan Seni Budaya yang mencakup =
  • Mengurangi Pengaruh budaya luar
  • Mengembangkan nilai kepribadian berdasarkan Pancasila
  • Mengembangkan budaya untuk kepribadian Bangsa

 

  1. Untuk Mendukung Perkembangan Olah Raga yang mencakup =
  • Meningkatkan Sportifitas
  • Prestasi
  • Hidaup sehat

 

  1. Untuk Mendukung Perkembangan Pendidikan yang mencakup =
  • Peningkatan ilmu pengetahuan
  • Sikap positif
  • Keterampilan
  • Menyehatkan tubuh

Sedangkan tujuan baik lainnya dari Pencak Silat ini antara lain adalah =

  • Sebagai wadah penyaluran hoby
  • Membentuk kepribadian ksatria
  • Membentuk jiwa sehat
  • Menghargai seni budaya
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai Seni Beladiri Pencak Silat yang telah kita kupas untuk menambah pengetahuan kita mengenai jenis Olah Raga ini. Ikuti terus artikel kami yang menarik lainnya dengan berbagai pembahasan tentang ilmu pengetahuan. Kami berharap ini dapat memeberi manfaat untuk kalian dan selamat membaca kembali.

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *