Categories
Pendidikan

Klasifikasi Penelitian

Klasifikasi Penelitian

Klasifikasi Penelitian


1. Bidang Sains

Ada beberapa bidang ilmu pengetahuan dan jika penelitian dilakukan untuk bidang studi tertentu, kisaran penelitian yang dilakukan didekati sesuai dengan bidang ilmu tersebut. Oleh karena itu, penelitian yang direvisi berdasarkan bidang penelitian yang ada dapat dibagi sebagai berikut:

  • Investigasi pendidikan,
  • Investigasi Medis,
  • Penelitian keperawatan,
  • Penelitian kebidanan,
  • Penelitian ekonomi,
  • Penelitian pertanian,
  • Penelitian biologi,
  • Penelitian sejarah, dll.

 

2. Pendekatan

Berdasarkan pendekatan yang digunakan, penelitian ini dapat dibagi menjadi dua yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Masing-masing pendekatan ini memiliki paradigma, asumsi, dan karakteristiknya sendiri. Dua pendekatan penelitian dapat dilakukan pada saat yang sama dan saling melengkapi satu sama lain seperlunya, memungkinkan untuk proses penelitian yang komprehensif.

 

3. Tempat Aplikasi

Oleh situs aplikasi: Penelitian dapat dilakukan di beberapa tempat, termasuk perpustakaan, area, laboratorium atau kombinasi dari area-area ini. Menurut ulasan ini, penelitian dapat dibagi sebagai berikut:

  • Penelitian perpustakaan (library research),
  • Penelitian laboratorium (penelitian laboratorium) dan
  • Topik penelitian

4. Hasil Investigasi

Ditinjau untuk Penggunaan Hasil studi dapat digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi teori dan memecahkan masalah. Berdasarkan ulasan ini, penelitian dapat dibagi sebagai berikut:

1. Penelitian murni (penelitian murni atau penelitian dasar). Penelitian murni atau penelitian dasar adalah penelitian yang dilakukan untuk tujuan hasil penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi teori-teori ilmiah.

2. Penelitian terapan. Penelitian terapan adalah berbagai penelitian di mana hasil dariupaya pemecahan masalah diterapkan.


5. Tujuan umum

Berdasarkan tujuan umum Berdasarkan tujuan umum, penelitian dapat dibagi menjadi penelitian, penelitian pengembangan, dan penelitian validasi.

  • Penelitian eksplorasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki fenomena yang menjadi tujuan penelitian.
  • Penelitian perkembangan (developmental research) adalah penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan konsep atau prosedur tertentu.
  • Penelitian verifikasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan realitas suatu teori pada waktu dan tempat tertentu.

6. Tingkat Penelitian

Penelitian berdasarkan tingkat penelitian dapat dibagi menjadi dua bagian, penelitian deskriptif dan penelitian analitik. Penelitian deskriptif adalah penelitian pada tingkat definisi dari variabel-variabel yang diteliti tanpa analisis dalam kaitannya dengan variabel lain. Analisis penelitian yang tidak hanya mendefinisikan variabel penelitian, tetapi dengan variabel lain disebut penelitian analitik.

 

7. Metode

Menurut metode yang digunakan, penelitian ini dikhususkan untuk studi longitudinal dan studi cross-sectional. Penelitian longitudinal (longitudinal research) adalah penelitian yang dilakukan dengan metode longitudinal (metode longitudinal), yang merupakan metode penelitian yang membutuhkan waktu yang lama, berbulan-bulan atau bahkan tahun terus menerus. Penelitian cross-sectional (penelitian cross-sectional) adalah penelitian yang dilakukan dengan metode cross-sectional (metode cross-sectional), metode penelitian yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan menempati tempat tertentu.

 

8. Inisiatif Variabel

Intervensi berbasis variabel Penelitian dapat dilakukan ketika peneliti mengintervensi atau memperlakukan variabel tertentu. Jika tindakan diambil, penelitian semacam itu diklasifikasikan sebagai penelitian eksperimental. Sebaliknya, jika tidak ada intervensi dalam variabel, penyelidikan diklasifikasikan sebagai penyelidikan eksperimental.

 

 

Sumber : https://materi.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *